Puluhan Ibu-ibu Kampung Ciharendong Kompak Lomba Lari Bakiak

Kuningantrust.com – Masih dalam suasana peringatan HUT RI ke 72 sejumlah kegiatan sosial masih digelar warga, salah satunya masyarakat di lingkungan Kampung Ciharendong, Kelurahan Cigintung, Kabupaten Kuningan puluhan ibu-ibu terlihat kompak mengikuti lomba lari bakiak.

Bahkan, tak jarang para peserta itu, terjatuh akibat tidak bisa menyesuaikan arah pergerakan kaki satu sama lainnya. Sontak, tingkah lucu ibu-ibu muda itu mengundang gelak tawa ratusan mata yang menontonnya.

Selain lari bakiak bagi kaum perempuan, lomba anak-anak dan orang dewasa juga ikut memeriahkan momentum kemerdekaan di kampung tersebut.

Misalnya saja balap karung menggunakan helm, lomba makan krupuk, lomba balap kelerang, lomba bola sepak, hingga panjat pinang sengaja dibuat agar tambah meriah. Puluhan hadiah pun dipersiapkan panitia, bagi para peserta yang beruntung meraih juara pertama, kedua dan ketiga.

“Kita rutin mengadakan perlombaan setiap agustusan. Sebab, disini juga banyak anak-anak dan para pemuda/pemudi Ciharendong yang ikut berpartisipasi bergotong-royong menggelar agenda ini,” ucap salah seorang panitia, Pepi saat memberikan keterangan persnya.

Dikatakan, selain dimeriahkan dengan aneka perlombaan, tiga hari sebelum 17 Agustus di seluruh kampung dihiasi dengan pernak-pernik merah putih. Itu semua, karena partisipasi dari semua warga masyarakat untuk kemeriahan kemerdekaan HUT RI ke 72 tahun.

“Tahun lalu pun kita sama mengadakan lomba-lomba, dan puncaknya kita dangdutan bersama. Kita buat panggung hiburan, supaya lelah dan kerja keras panitia bisa terhibur dengan adanya hiburan dangdutan,” katanya.

Ke depan lanjutnya, di setiap momentum kemerdekaan supaya tetap digelar oleh generasi-generasi selanjutnya, sebagai wujud kepedulian untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Namun tak sebatas seremonial semata, hari kemerdekaan ini dijadikan sebagai bentuk refleksi bagi perjuangan para pahlawan bangsa. (Ipay)

615 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan